-->

Cara Mengatasi PC lag saat Memainkan Game Berat

Cara Mengatasi PC lag - Banyak cara mengatasi PC lag saat memainkan game berat. Hal yang paling mudah dilakukan tentu saja menutup aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan di PC computer kita. 

Pasalnya, banyak program dan aplikasi-aplikasi yang tertanam di PC, tapi sangat jarang atau tidak pernah sama sekali dipakai. 


cara-mengatasi-pc-lag-saat-memainkan-game-berat

Jelas, aplikasi ini sangat mubazir dipasang di PC computer kita. Namun, bila ternyata cara termudah ini tidak memberikan hasil yang siginifikan perlu cara yang lain tergantung pada kondisi permasalahan utamanya.

Bagaimana cara mengatasi PC lag saat memainkan game berat? Berikut ini penjelasan lengkapnya.


Cara Mengatasi PC lag saat Memainkan Game Berat

1. Membatasi waktu pemakaian atau working time

Kejadian lag bisa saja terjadi karena waktu pemakaian yang terlampau lama yang mengakibatkan suhu CPU tinggi. Akibatnya performa PC menurun. Batasi waktu pemakaian merupakan langkah bijak.


2. Tuning pengaturan Game

Lakukan pengaturan pada FPS (frame per second), aperture graphic, resolution, window mode untuk memperoleh hasil performa terbaik. Misalnya saja graphics mode diset low atau medium saja.


3. Setting mode hardware atau laptop

Lakukan pengaturan ke mode hardware high atau aggressive untuk memperoleh performa hardware terbaik. Caranya bisa menjalankan aplikasi bawaan motherboard PC yang sudah tersedia.


4. Pemakaian game booster

Dengan menjalankan aplikasi game booster, akan memberikan opsi pengaturan dan tuning sistem secara otomatis untuk memperoleh performa terbaik, menutup berbagai aplikasi yang tidak dibutuhkan.


5. Pengaturan overclock

Pengaturan overclock pada kondisi default bisa menaikkan performa PC. Pasalnya overclock yang dijalankan bisa mengakibatkan panas pada hardware.


6. Penonaktifan antivirus

Cara mengatasi PC lag yang mudah dilakukan yaitu penonaktifan beberapa fitur antivirus untuk memperoleh performa gaming yang terbaik.

Misalnya penonaktifan fitur email shield, web shield, exception antivirus supaya tidak terjadi scanning pada saat game sedang dijalankan.


7. Ada permasalahan pada VGA atau BIOS

Misalnya VGA rusak yang ditandai adanya rendering grafis yang lambat atau tak sesuai. BIOS yang tidak stabil menjadi penyebab utamanya. Solusinya kembalikan ke BIOS versi awal.


8. Driver kadaluwarsa atau tidak pernah ter-update

Rutin update driver PC secara berkala supaya performa PC stabil.


9. Daya PSU tidak bekerja optimal

Gunakan daya PSU yang tepat karena perangkat ini menjadi sumber suplai listrik ke berbagai hardware.


10. Lakukan upgrade hardware

Hardware PC yang akan digunakan untuk gaming harus di-upgrade. Mulai dari VGA, Memory, dan Motherboard. Termasuk keyboard dan mouse.

Itulah cara mengatasi PC lag saat memainkan game berat yang bisa kita lakukan. 

Saat ini banyak game-game 3D yang perlu spesifikasi hardware cukup tinggi seperti adanya Call of Duty GTA, PES, NFS, dll.

Terkadang hal ini yang menyebabkan PC mengalami lag atau macet. Dengan mengambil langkah-langkah di atas, diharapkan gangguan ini dapat diatasi. 

Semoga dapat bermanfaat untuk sobat gamebosku dan selamat bermain game..!!!


0 Response to "Cara Mengatasi PC lag saat Memainkan Game Berat"

Post a Comment

iklan